Deskripsi
Komunikasi efektif merupakan kunci sukses dalam suatu organisasi baik bisnis maupun non bisnis. Komunikasi efektif membuat roda organisasi sehingga dapat berputar dengan lancar. Jika rodanya macet maka seluruh organ dalam organisasi macet pula. Oleh sebab itu penting bahwa setiap individu dalam suatu organisasi— perusahaan menguasai teknik dan strategi berkomunikasi efektif. Dengan berkomunikasi pula kerja sama tim yang baik dapat dibangun dandikembangkan berkesinambungan.
Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur (jenjang / level) dan sistem organisasi yang kondusif. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif, yaitu agar pihak lain mengerti dan tahu, tetapi juga haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan.
Unsur yang paling penting dalam berkomunikasi adalah bukan sekedar apa yang kita tulis atau yang kita katakan, tetapi karakter kita dan bagaimana kita menyampaikan pesan kepada penerima pesan. Penerima pesan tidak hanya sekedar mendengar kalimat yang disampaikan tetapi juga membaca dan menilai sikap kita. Jadi syarat utama dalam komunikasi yang efektif adalah karakter kokoh yang dibangun dari fondasi etika serta integritas pribadi yang kuat.
Setelah mengikuti Training Teknik Komunikasi dan Presentasi ini para peserta akan paham dan mampu berkomunikasi dengan lebih efektif dengan orang lain, baik di tempat kerja maupun dalam kehidupan sehari- hari. Komunikasi efektif dapat membangun kerjasama dalam tim dengan lebih baik dan harmonis untuk mencapai tujuan.
Manfaat Pelatihan
- Memperdalam ilmu komunikasi tidak hanya sekedar menyampaikan pesan, namun juga memahami apa yang sedang berlangsung di benak diri sendiri dan orang lain.
- Menguasai teknik efektif berkomunikasi untuk meningkatkan kemampuan membangun kerja sama dalam tim.
Siapa Yang Perlu Hadir
Pelatihan ini sangat cocok untuk diikuti oleh Manajer, Supervisor, dan Staf Karyawan dibidangnya. Dan tidak menutup kemungkinan dapat diikuti pula oleh seluruh karyawan yang dapat mandat dari instansi/perusahaan guna menambah wawasan. Sehingga ilmu dari pelatihan ini bisa dirasakan dan dijalankan dengan baik sesuai dengan tujuan dari instansi/perusahaan itu sendiri
Tujuan Pelatihan
- Memahami definisi, jenis dan manfaat komunikasi yang efektif dan asertif
- Memahami teknik Komunikasi dengan oral yang baik
- Memahami teknik Komunikasi dengan information technology
- Memahami teknik Komunikasi melalui tulisan yang baik dan efektif
- Menyelesaikan persoalan-persoalan penghambat komunikasi yang efektif dan asertif
Outline & Garis Besar Program
- Hari Pertama
- Proses Komunikasi
- Tujuan Komunikasi
- Pemilihan Topik Komunikasi
- Komunikasi Verbal & Nonverbal
- Komunikasi intrapersonal, antarpersonal, kelompok (tim), organisasi, massa.
- Hari Kedua
- Hambatan/gangguan komunikasi dan bagaimana menanganinya/mengelolanya.
- Gaya Komunikasi : komunikasi passive, aggressive, dan assertive dan dampak/hasilnya
- Landasan-landasan komunikasi bisnis
- Unsur-unsur komunikasi bisnis
- Komunikasi lintas budaya, bagaimana berkomunikasi dengan orang berlatar belakang budaya yang berbeda
Metode Training
- Presentasi
- Diskusi
- StudiKasus
- Simulasi
- Evaluasi